Monday, October 5, 2009

MENGATASI VIRUS DENGAN ATTRIB

Virus, mungkin mahluk itu yang paling dibenci ataupun ditakuti bagi orang yang sering berkutik dalam dunia komputer. Sering kali kita sudah cape - cape mengetik tugas atau sesuatu, eh semua hilang karena virus. Namun tidak lah semua virus itu menghapus file, sebagian ada jenis virus yang hanya menduplikasikan file dengan nama yang sama kemudian menghidden file yang asli sehingga yang tampak adalah virus tersebut. Sehingga kita mengira data milik kita telah hilang, namun sebenarnya file tersebut tidaklah hilang, file tersebut hanya terhidden / tersembunyi oleh virus. Berikut ada cara praktis untuk mengamankan file / data yang terhidden / tersembunyi oleh virus lewat command promt. Caranya yaitu : (Cara ini sering saya coba untuk mengamankan file dalam flashdisk, untuk file dalam hard disk bisa, namun saya jarang mencoba)
  1. Pastikan bersihkan dahulu flashdisk / drive komputer yang bersangkutan agar virus yang ada hilang.
  2. Jika semua virus yang ada telah hilang, mungkin sebagian file yang ada hilang terutama file yang berextension .doc (Microsoft Word)
  3. Masuklah ke command promt dengan cara klik Start > Run > Ketik cmd kemudian OK
  4. Masuklah ke flash disk ataupun drive yang akan di tuju, misalkan flashdisk ekstensi drivenya adalah G, maka pada command promt ketik G: lalu tekan Enter
  5. Kemudian dalam command promt akan tampak G:\>
  6. Ketik attrib -r -s -h /d /s
  7. Tunggu beberapa saat sampai tampil G:\> kembali
  8. Untuk mengecek hasilnya masuklah ke dalam flash disk / disk yang kita attrib tadi melalui windows explorer
  9. Jika berhasil maka file yang hilang tadi akan tampak kembali.
Selamat Mencoba.........


0 comments:

Post a Comment

 
You can, if you think you can, as long as reasonable to say can. Limitation of whether something makes sense or not, we'll see other people, if someone else has done or has reached his dream, the dream is reasonable.
Dreams not only help us to face the possibility of failure ..... but the dream will also give us hope ....
Among the thousands of opportunities and opportunities, there is success, but surrounded by failure. Take a chance and opportunity, let you fail in the process of finding success.

THE BEST WAY TO BRIGHT FUTURE Copyright © 2009 Community is Designed by Bie